Senin, 02 Agustus 2010

Tips: Mengcopy Gitar Scotti Hill (Skid Row)



Scott Lawrence Mulvehill lahir di New York, 31 Mei 1964 dengan nama alias Scotti Hill adalah co-guitarist Dave Snake Sabo di Skid Row. Peran Scotti amat dominan pada solo gitar di lagu-lagu Skid Row yang dipunggawai Sebastian Bach (lead vocal). Apa yang menjadi kekutan riff gitar Scotti adalah tema melodi pada lagu-lagu ballad Skid Row. Seperti melodi I Remember You yang sangat melegenda dan bahkan saya tidak habis pikir bagaimana Scotti melakukan hal itu terkait penciptaan tema.

Pada video di atas saya telah memodifikasi setelan gitar dan pickup saya sedemikian rupa hingga setidaknya mampu mengcopy sound dari Scotti Hill walau tak sepenuhnya mutlak 100%. Apa yang akan saya rangkum pada tulisan ini adalah point bagaimana kiat mengcopy si pendekar hard rock 90an ini. Intinya adalah pada:
1. Sound
2. Teknik
3. Penghayatan

Sound, bahwa sound dari gitar Scotti adalah cenderung berwarna coklat tetapi tidak dark dan masih di zona distorsi pedas. Anda bisa mendapatkan karakter ini pada stompbox classic distorsion seperti MXR Distortion atau Boss DS-1. Scotti sendiri menggunakan classic hard rock amp Marshall JCM900. Untuk string saya merekomendasikan minimal ukuran 0.10 demi mendapatkan coklat yang dimaksud. Scotti sendiri menggunakan string ukuran 0.11 yang saya yakin mayoritas akan kesusahan mendentingkannya. Untuk pickup telah saya konfigurasikan 100% sama yakni Seymour Duncan JB pada bridge, ya... Scotti memang dominan menggunakan pickup bridge pada sayatan mellow distortionnya. Kemudian setelan tremolo bridge kami rekomendasikan Floyd Rose II seperti yang digunakan Scotti teruntuk kelenturan dan presisi saat nada sentak bergoyang.

Teknik yang digunakan Scotti sebenarnya simpel, yakni vibrato, bending, slide, whammy bar tremolo dan pinch harmonic. Namun ini jujur membutuhkan presisi saat phrasing. Picking yang disarankan adalah sangat kuat demi mendapatkan akurasi nada pun itu akan sedikit mengerem speed Anda. Teknik-teknik ini harus dirangkai dengan penghayatan dan akurasi nada tematis ala Scotti Hill.

Penghayatan berkunci pada fokus memainkan pentatonic scale ala Scotti. Saya akan kecewa apabila Anda memainkan lick Scotti dengan vibrasi dan bending yang lemah.

Have a nice try dan enjoy my Scotti Hill cover pada video di atas.

Terimakasih kepada sobat Stefan Bonar Simatupang sang arsitek yang memodifikasi gitar Fender Stratocaster 1992 hingga paten untuk mengcopy style Scotti Hill.

Published with Blogger-droid v1.4.9

1 komentar:

  1. bang, abang beli floyd rose yang original dimana?? saya juga pengen beli, tapi gak tau dimana ..

    BalasHapus