Minggu, 01 Agustus 2010

Last.fm Chart Widget Pada Halaman Blog

Anda mempunyai akun Last.fm dan sering scrobble track mp3 yang Anda dengarkan melalui media PC, iPod, Android, iPhone? Ada baiknya kita hiasi halaman blog kita dengan recently track play ataupun Top Artist dan sebagainya dalam bentuk sidebar widget untuk sekedar berbagi kepada pembaca atau sesama teman blogger.

Last.fm itu sendiri adalah layanan social network yang merekomendasikan layanan musik dengan cara scrobble. Last.fm juga memfasilitasi perkenalan antar member dan merekomendasikan band/artist. Scrobble dapat dilakukan secara otomatis lewat pemutar musik di PC seperti Windows Media Player, Winamp, Foobar dari media mp3 pada Hard Disk Drive, dan dengan client scrobble for Windows yang bisa didownload pada link ini. Last.fm juga menyediakan "radio" yang akan streaming musik dengan dasar selera taste pendengar. Anda bisa saja mengetik nama artist "Bon Jovi" pada radio Last.fm untuk kemudian mereka akan memutar lagu-lagu dari Bon Jovi dan artist-artist yang memiliki genre musik yang mirip-mirip dengan Bon Jovi. Namun fitur ini berbayar $3 per bulan, kecuali anda memutar dari handset Android dan iPhone itu adalah bertarif gratis (di luar biaya streaming internet melalui handset).

Kembali ke topik awal, yakni bagaimana kita menambahkan widget Last.fm pada halaman blog kita. Setelah mempunyai akun Last.fm dan scrobble beberapa lagu, maka Anda bisa menuju pada halaman ini yang telah kami persingkat dengan direct link. Berikutnya adalah mudah tinggal memilih tampilan real time chart mana yang sesuai dengan selera Anda. Lanjutkan copy HTML pada "a href" bla bla bla.
Catatan: bila Anda juga aktif di beberapa forum maka Last.fm Chart code URL juga bisa Anda jadikan sebagai signature badge

Kemudian pasang (paste) kode HTML tersebut pada widget Java Script / HTML pada elemen blog Anda.

2 komentar:

  1. oh ya, ni update otomatisnya periodiknya per-jam atau per-hari?

    BalasHapus
  2. saya punya akun last fm tapi ngak punya temen hhh..

    BalasHapus