Selasa, 10 Agustus 2010

Soto Mekar Jaya

Mekar Jaya adalah warung Soto Ayam kampung dan Ayam Goreng kampung yang berlokasikan di Jl. Jogja Solo, depan SPBU timur kantor harian Kedaulatan Rakyat, sebelum Bale Bengong Resto, Kalasan, Yogyakarta. Anda bisa click map pada hyper link di atas apabila bingung dengan uraian penjabaran tertulis alamat Soto Mekar Jaya yang kami utarakan. Kapan tepatnya mampir ke Mekar Jaya? Adalah tadi pagi saat bersantap untuk sarapan.

Mekar Jaya termasuk salah satu yang tampil beda di antara pedagang Soto "Pasar". Kami sebut Soto Pasar karena di Jogja dan Jawa Tengah ini hampir di setiap pasar tradisional dijumpai pedagang Soto Ayam keliling. Kami tak ingat sejak kapan si Mekar Jaya ini berhenti muter make gerobak di pasar tradisional dan memulai dengan usaha yang lebih inovatif. Dari warung kecil tahun lalu, kini Mekar Jaya yang Anda jumpai menjadi soto pasar yang besar, tempat bersih, nyaman, dikunjungi pembeli dengan mobil mewah, pun tetap asri di pinggir persawahan.

Tak lama setelah menu dipesan tersajilah di depan saya Soto Ayam kampung di cawan mungil, nasi putih bersih, teh hangat nikmat paten, dan lauk pauk khas soto pasar seperti sate bacam telur puyuh, perkedel, tahu, tempe dan teman abadi makanan berkuah yakni krupuk. Cita rasa Soto ini tak jauh dengan soto pasar, enak dan selalu pas disantap saat pagi hari. Saya sedikit kecewa karena irisan daging ayam kampung teramat sedikit, pun di saat bersamaan potongan sayap, paha, kepala ayam dan atau hati ampela sudah ludes karena saya tiba kesiangan (10:00 WIB). Soto pasar ala Mekar Jaya ini dibandrol Rp 6.000,- yummi dan lauk pauk terjangkau.

Pagi hari di Jogja? Jangan lewatkan Soto Mekar Jaya brad. Bandara Adi Sucipto ke timur arah Kalasan.
Published with Blogger-droid v1.5.1

3 komentar: