Rabu, 04 Agustus 2010

Tips: Clean Jantan


Gotten by Slash feat. Adam Levine (Maroon 5) - Live at Ellen


Clean Jantan? Saya akan mencoba membagikan tips bermain gitar saat live performance dengan natural yang berujung pada kejantanan saat suara clean, pun tak timpang balancing saat full distortion. Apa yang menjadi momok buat para gitaris adalah wacana untuk membangun sound yang cantik di setiap sesi baik itu rhythm ataupun saat solo. Namun dengan peralatan efek segudang untuk membangun sound cantik dan presisi itu punya kendala saat main live di mana terkadang tidak adanya balance saat clean dan distorsi. Misal seumpama Anda meng-cover lagu Gotten dari Slash yang dinyanyikan Adam Levine (Maroon 5) itu saya berpandangan pada dasarnya Anda akan membutuhkan dua preset, clean dan distorsi. Tetapi siapkah Anda apabila nanti memainkannya di panggung menjadi kaget sendiri saat berganti preset dari clean ke distorsi suara menjadi tidak imbang, mendadak sound lenyap saat distorsi atau mendadak terlalu keras? Pun faktor-faktor lain balancing sound juga ada pengaruh dari instrumen drum, bass dan lain-lain. Ini akan menjadi polemik dan membuktikan bahwa bermain di kamar/studio akan berbeda 180 derajat dengan di panggung.

Kembali ke clean jantan yang saya maksud adalah bahwa pada dasarnya TIDAK ada channel clean. Adanya adalah distorsi atau overdrive, namun apabila hendak mendapatkan clean, cobalah trick saya yang memang terinspirasi dari beberapa gitaris Hard Rock yakni dengan: control volume guitar. Putar ke bawah knob itu dengan skala linear akan menghasilkan suara clean. Clarity tidak saya ragukan lagi bahwa tone clean yang sedikit ter-overdrive ini tidak akan kalah ketabrak frekuensi dari cymbal atau hi-hat drum musuh utama para gitaris saat clean channel. Mid dan bass yang dibutuhkan dari clean semi kotor ini cukup untuk memposisikan tone alat gitar elektrik Anda ke spot yang terbebas dari gangguan frekuensi suara instrumen lain. Tinggal dilatih sensitivity dari knob dan membiasakannya saja karena tiap gitar akan berbeda-beda terkait pengaruh pickup, dan tentu saja ... Ampli. Untuk sesi reffrain terdistorsi Anda tinggal membuka 100% knob volume tersebut. Dalam metode ini tentu saja main overdrive/distortion ada pada status: Always On! Tambahkan satu pedal pre-boost untuk menaikkan gain dan volume saat solo.

Untuk mendapatkan clean jantan tersebut bisa dibantu dengan overdrive dari classic head-amp sebagai opsi terjantan. Namun apabila Anda sedang tidak siap menenteng head dan cabinet amp dari panggung ke panggung, bisa dicoba stompbox natural baik overdrive maupun distortion seperti: MXR Distortion III, Boss OD-3, Ibanez TS-9 dan lain-lain yang mempunyai karakter lebih ke overdrive sebagai stombpbox dan ditugasi untuk always on.

Sayangnya metode ini hanya cocok untuk beberapa jenis musik seperti Rock dan Blues (mayoritas). Dengan artian akan kurang cocok buat mereka pengagum solois dengan clean yang sangat jernih, ber-chorus, delay serta reverb megah. Bergerak menjadi opini saja, secara subyektif saya menyukai metode ala Slash seperti pada video pertama. Berikut saya coba memainkan Gotten dengan gitar Fender Stratocaster American Highway dan overdrive/distortion Marshall 15W (practice amp). Drive di amp ada pada mode always on yang selanjutnya tinggal kepekaan membuka dan menutup knob volume guitar seperlunya manakala kapan saat clean atau saat full open keperluan solo.


Gotten guitar cover by suryopras (becco)
*solo pada durasi menit ke 2:07

Thanks for read.
Published with Blogger-droid v1.4.9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar